Mengenal jenis pengiriman TIKI

Posted on

Kamu mau menggunakan aplikasi jasa TIKI guna mengirimkan paket? Karenanya wajib mengenali apa saja jenis layanan yang ditawarkan. Minimal tahu namanya dan tarifnya. Apa perbedaan dari ONS, REG dan ECO? Tentu saja tak hanya di biayanya saja dan sesungguhnya TIKI pun menawarkan lebih dari 3 jenis pengiriman populer tersebut.

Seringnya kami melihat jenis layanan TIKI ini diperbandingkan seketika pada JNE sebab memang mirip dan merujuk pada sejarah memang asalnya sama perusahaannya. Dimana JNE yaitu pecahannya.

  • ECO (Economy) – Paket pengiriman sangat murah pada prioritas sangat rendah. Acap kali kalau bisa estimasi 6-7 hari misalnya memang baru dikirimkan mendekati batas waktu akhirnya. Jadi siap – siap bersabar saja.
  • REG (Reguler) – Jenis pengiriman yang biasanya dan sangat sering digunakan. Estimasinya guna sesama kota besar pada satu pulau biasanya pada 2-4 hari kerja.
  • ONS (Over Night Services) – Paket akan hingga pada 1 hari dan relatif mahal. Akan akurat kalau sahabat mengirimkan pada sesama kota besar (misal: Jakarta – Surabaya) dan tempat tinggal penerima ada pada kota dan tak dikirimkan di ahir minggu.
  • TDS (Two Days Services) – Barang akan hingga pada 2 hari. Belum pernah kami gunakan.
  • SDS (Same Day Services) – Kiriman akan hingga di hari yang sama. Harap kirim pagi – pagi kalau mau diantarkan di hari yang sama, kalau tak ya terpaksa besoknya dan tak ada bedanya pada ONS nantinya.
  • HDS (Holiday Services) – Pengiriman di hari libur nasional. Tetapi menurut ketentuannya hanya berlaku di hari libur pertama-tama guna libur yang berurutan. Tak berlaku guna hari raya Lebaran, Nyepi (guna kota tertentu) dan hari Kemerdekaan 17 Agustus.
  • INT (International) – Layanan pengiriman keluar negeri. Kami belum pernah mencobanya jadi tak ada komentar.

Tentu setelah barang dikirimkan kita mau tahu bagaimana nasibnya kan? Nah.. pasti kita mendowload nomor resinya pun dan ini dapat digunakan guna melacaknya dan dari sana dapat tahu status terbarunya.

Oh ya guna pengiriman barang elektronik dari Batam harap diingat ada pajak tambahannya, kalau sahabat beli dari sana dan tak bersedia membayar pajak karenanya walaupun gunakan ONS estimasi jadi 6 hari sebab dialihkan dulu pada TIKi Pekanbaru.

sumber : utekno.com