cpu-z-acer-aspire-one-d270

Mengatasi komputer gagal booting

Posted on

Kamu menyalakan komputer layaknya biasanya dan ditinggal pada kamar mandi pada harapan dikala kembali telah masuk Windows. akan tetapi ternyata kenyataan berkata lain sebab tertahan pada dektop hitam loading Windows atau malah muncul pesan error gagal booting. Ada pelbagai macam penyebab dan jawaban guna memperbaiki komputer yang tak dapat booting.

Ada beberapa komponen hardware yang dapat menjadi faktor penentu masalah kamu dimana, dan mari kita cek satu per satu.

Prosesor

Otak dari komputer kita ini hakekatnya tahan banting, tapi kalau kena panas berlebihan karenanya motherboard akan melindungi komponen – komponen yang terdapat pada mematikan semuanya. Kalau di dikala kamu menghidupkan komputer tiba – tiba seketika mati atau restart karenanya ada kemungkinan panas ialah penyebabnya.

cpu-z-acer-aspire-one-d270

Solusinya yang sangat gampang bersihkan ventilasi komputer kamu, lepas heatsink CPU dan sapu pada kuas guna menghilangkan debu – debunya. Mengganti thermal paste pun disarankan. Malas repot? Arahkan saja kipas angin duduk pada casing komputer kamu, ini jawaban sementara yang ampuh. Hati – hati masuk angin saja.

Memori

Memori atau RAM adalah tempat guna mengolah data yang digunakan program operasi, jadi akan mempercepat proses dan aksesnya. Komponennya sendiri lumayan sensitif, kalau ada kerusakan minimal Windows akan memunculkan BSoD (Blue Screen of Death) disertai kode errornya guna diagnosa lebih lanjut. Lebih parah dapat seketika restart tanpa pemberitahuan, ini menandakan Windows meletakkan data di domisili memori yang rusak.

corsair-ddr-pc-3200-memory-640x426
Martyx / CC BY-SA 3.0

Petunjuk memperbaikinya mau tak mau kamu melepas modul memori yang terpasang didalam komputer, kemudian jalankan penghapus pensil dan digosok pada pin tembaganya. Pelan – pelan saja. Sekalian kamu bersihkan slot memori dari debu guna menjamin kontak kedua komponen ini normal.

Kartu Grafis

GPU, VGA atau Graphic Card adalah pengolah tampilan grafis pada komputer dan tidak cukup lebih masalahnya serupa pada prosesor diatas. Ya, faktor utama penyebab kerusakan di kartu grafis ialah panas. Sisanya antara masalah di chipset dan driver VGAnya. Efeknya? Kadang tak muncul tampilan pada monitor (No Signal), komputer restart, atau tertahan pada proses awal booting BIOS. Admin dulu pernah menjalankan aplikasi komputer tanpa menginstall driver GPU dalam rentang waktu berbulan – bulan, kalau diinstall tak dapat masuk Windows.

Solusinya? Lepaskan dan bersihkan VGA komputer kamu. Coba pada komputer lain apakah bermasalah. Kalau ini ialah onboard karenanya cuma dapat dibersihkan dari debu. Alternatifnya coba masuk pada safe mode dan kerjakan instalasi ulang drivernya, versi lama pun tak apa – apa asalkan berusaha normal.

Harddisk

Dari pengalaman biasanya harddisk inilah penyebab sangat sering. Kalau kamu mematikan komputer tanpa shutdown, sering mati lampu, terbanting atau musibah lainnya karenanya dapat menyebabkan adanya kerusakan pada data yang tersimpan. Ini dapat bersifat fisik (permanen) atau cuma masalah pencatatan (non-permanen).

laptop-hard-disk-drive-627x480
Evan Amos / Wikimedia Commons

Biasanya ada file Windows yang korup atau hilang sehingga tak dapat melanjutkan proses booting. Layaknya guna bootloader, tak ditemukan adanya program operasi, NTLDR is missing dan lain sebagainya.

Petunjuk mengatasinya? Kalau harddisk kamu yang rusak segera backup dulu data – datanya pada komputer lain, cek pada aplikasi diagnosa kesehatan harddisk guna memastikan. Misal cuma Windows yang rusak kamu dapat memperbaikinya pada menggantikan file – file yang rusak atau hilang tersebut. Proses ini lebih repot diperbandingkan pada install ulang Windows tapi pengaturan program – program kamu akan aman terjaga. Install ulang ialah jalan terakhir.

Lainnya

Hakekatnya masih ada faktor – faktor lain penyebab komputer gagal booting dan tentu saja petunjuk memperbaikinya pun bermacam – macam. Kalau kamu mengalami masalah serupa silahkan dituliskan detailnya di komentar. Admin anjurkan tuliskan pesan kesalahan yang muncul apa. Kalau tak ada errornya ceritakan saja prosesnya layaknya apa. lalu menjalankan aplikasi Windows apa, 32bit atau 64 bit? Spesifikasi komputer selengkap akan. Baru saja menginstall atau menghapus program apa saja, singkatnya kamu mengikuti apa sebelumnya kok tiba – tiba error. Kalau laptop pun sebaiknya sertakan merek dan modelnya melalui komplit.

sumber : utekno.com