Mengaktifkan CORS (Cross-origin resource sharing) dengan htaccess

Posted on

Kali ini pembahasan admin lebih teknis dan berhubungan pada pemasangan layanan Content Delivery Network di blog. Ceritanya kalau kamu mengaktifkan semacam itu saja dan konten (gambar, video, audio) dari situs seketika dilayankan dari subdomain (misal cdn.utekno.com) sebetulnya tak ada masalah, tapi kalau kamu menjalankan aplikasi WebFont (ttf, ttc, otf, eot, woff, woff2) besar kemungkinan tak akan muncul. Akan digantikan simbol kotak – kotak pada browser yang berarti file font tersebut gagal dimuat.

Yang kalau dianalisa lebih lanjut pada Chrome Developer Tools (klik F12) akan muncul pesan error:
Font from origin http://cdn.utekno.com has been blocked from loading by Cross-Origin Resource Sharing policy: No ‘Access-Control-Allow-Origin’ header is present on the requested resource. Origin http://utekno.com is therefore not allowed access.

google-chrome-menu

Perhatikan pada sebelah nama penulis munculnya simbol kotak, aslinya kalau telah benar yakni icon orang yang diambil dari fontnya. Layaknya FontAwesome, Genericons dan sebagainya.

Ini solusinya kalau kamu menjalankan aplikasi shared hosting pada cPanel biasanya akan lumayan gampang, silahkan akses file .htaccess yang terdapat pada pada hosting kamu dan tambahkan kode – kode berikut:

Sesudah dia coba cek lagi situs kamu, semestinya tampilannya akan normal kembali dan CDNnya pun dapat maksimal. Oh ya, admin mengalami masalah ini dikala menggunakan MaxCDN.

sumber : utekno.com