windows-10-settings-accounts-640x532-1

Mencegah Windows otomatis membuka kembali aplikasi setelah restart/shutdown

Posted on

Satu fitur baru yang terdapat pada Windows 10 yakni otomatis membuka kembali program setelah komputer/laptopnya kena restart atau shutdown. Tentu tak semuanya program, tapi apa – apa saja yang sedang dimanfaatkan di dikala proses restart/shutdown dijalankan. Misal kamu sedang browsing pada Chrome atau nonton video pada VLC dan buru – buru shutdown, karenanya keduanya akan dibuka kembali dikala kamu hidupkan.

Asumsi Microsoft cuma satu, yakni memudahkan kita kembali pada program urgen yang sebelumnya digunakan pada lebih cepat. Dan fitur ini memang adaptasi kemampuan serupa pada Macintos. Malahan ada namanya, yaitu Winlogon Automatic Restart Sign-On.

Tutorial pertama-tama yakni lewat pengaturan pada Control Panel. Akses Settings > Accounts > Sign-in Options. lalu nonaktifkan opsi Use my sign-in informasi to automatically finish pengaturan my device after an update or restart.

windows-10-settings-accounts-640x532

Biasanya petunjuk pertama-tama telah lumayan guna mengatasi masalah ini, tapi kalau ada masalah di akun Windows/Outlook yang kamu gunakan login pada Windows 10 karenanya dapat gunakan alternatifnya dibawah.

Tutorial kedua dapat lewat Group Policy Editor. Gampangnya akses search dan isikan gpedit.msc (Menej group policy) kemudian akses lokasi Computer Configuration >? Administrative Templates > Windows Components > Windows Logon Option.

windows-10-gpedit-logon-options-640x365

Didalamnya disable opsi Sign-in last interactive user automatically after a system-initiated restart. Tinggal double click saja di barisnya.

Terus terang untuk admin yang telah terbiasa pada perilaku Windows dikala dihidupkan tampil kosongan karenanya ini agak mengganggu sebab semuanya berlangsung otomatis tanpa intervensi pengguna, dan pun alasan privasi pun. Sebab dia admin search solusinya agar fitur ini dimatikan saja.

Oh ya, hal ini beda pada fitur startup program. Kadang memang disengaja atau tak, tapi dapat dicek pada folder Startup dan atau lewat registry.

Demikianlah dan niscaya tak ada lagi program sebelumnya yang aktif akan dibuka kembali dikala Windows booting.

sumber : utekno.com