windows-7-network-connected-cannot-online

Internet terkoneksi tapi tidak bisa online?

Posted on

3 mingguan ini admin mengalami masalah di koneksi internet pada rumah, awalnya setiap pagi tak dapat terhubung beberapa jam tapi semakin lama admin malah cuma dapat online beberapa jam setiap harinya. Entah penyebabnya dari komputer, modem atau ISPnya tapi kita dapat mengikuti diagnosa awal melacak kesalahannya dimana.

Layaknya kamu lihat icon Network Access pada Windows 7 menandakan adanya koneksi internet, tapi ketika membuka situs apapun malah muncul “Server not found” pada Mozilla Firefox. Dari sini admin telah berasumsi masalahnya ada di DNS server milik ISP admin, tapi harus dibuktikan bukan?

windows-7-network-connected-cannot-online

Metode awalnya silahkan panggil command prompt (klik tombol Windows+R dan isikan command cmd), kemudian jalankan ping pada google.com. Kalau sukses berarti sesungguhnya tak ada masalah tapi kalau muncul pesan error “Ping request could not find host google.com. Please check the name and try again” dan bukan RTO (Request Timed Out) ini berarti masalahnya ada pada DNS server.

Ini dapat diverifikasi pada mengeksekusi ping lagi tapi menuju domisili IP, admin memakai IP address dari Google Public DNS (8.8.8.8) sebab hapal. ?? Dan memang benar ada sambungan internet tapi hanya guna domisili IP.

cmd-diagnosa-koneksi-internet-640x323

Dan kemudian admin pastikan lagi pada menjalankan command tracert pada target google.com guna melacak di tahap mana error atau kerusakannya, eh malah muncul pesan kesalahan “Unable to resolve target system name google.com.”.

Malas mengecek lewat command prompt? Mulai program layaknya PingPlotter, disini admin mendemokan pengecekan koneksi pada domisili IP dan situs. Dapat kamu lihat warna merah di grafik guna cek google.com menunjukkan sambungan terputus tapi kalau IP normal – normal saja.

pingplotter-cek-ip-website-640x429

Tutorial mengatasinya? Tak ada satu cara pasti sukses sayangnya, tapi admin selalu mencoba diantara beberapa petunjuk berkut:

  1. Kalau kamu hapal domisili IP situs yang mau dikunjungi karenanya sesungguhnya masih dapat mengaksesnya, atau dapat pun menambahkan domisili IPnya di file Hosts Windows agar tak harus menanyakannya pada DNS server yang digunakan. Ini petunjuk pertama-tama, tapi memang repot guna dilakukan.
  2. Tutorial mengatasi kedua ialah pada menjalankan aplikasi DNSCrypt, dalam kurun waktu masih dapat terkoneksi lewat domisili IP karenanya komputer kamu akan memakai koneksi DNS query yang dienkripsi jadi tak dilewatkan milik ISP. Ini dapat pun guna menghindari pembajakan DNS server guna blokir konten.
  3. Ketiga ialah mengaktifkan proxy server pada browser yang kamu mulai, kamu tinggal search domisili IP dari proxy dan ini dapat didapatkan melalui free.
  4. Keempat dan masih mirip pada petunjuk ketiga ialah pada menjalankan aplikasi VPN layaknya SpotFlux, CyberGhost, OpenVPN, dan sebagainya.

Sebab sekarang ini semuanya ISP wajib menjalankan aplikasi DNS Nasional guna DNS servernya dan memang kebanyakan dari mereka menjalankan aplikasi IP Filtering atau Transparent DNS Proxy guna membajak DNS server yang kita pengaturan manual jadi lebih terbatas lagi solusinya. Kalau dulu dapat mengganti DNS server pada modemnya seketika tapi sekarang ini tergantung kamu memakai jasa internet yang mana seringnya tak dapat.

Kalau kamu mengalami kendala serupa silahkan dituliskan pada komentar, kalau dapat selengkap akan (menjalankan aplikasi ISP apa, memakai modem merek dan model apa, gunakan kabel atau WiFi, menjalankan aplikasi internet lewat komputer atau handphone, dan sebagainya). Kami akan berusaha sebaik – baiknya memudahkan kamu.

Kami harap bermanfaat. ??

sumber : utekno.com