Dasar PHP dan Apa Itu PHP Serta Perintah Dasar PHP

Posted on

Apa Itu PHP ?

sds

Halo rekan rekan , mungkin sebahagian dari kamu belum paham atau baru pertama-tama kali belajar yang namanya PHP. Apa sih PHP itu ? PHP yakni singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor
PHP betul-betul banyak digunakan oleh para web developer maupun para pembelajar karena sifatnya yang open source alias cuma-cuma

Kesimpulan :
PHP dapat diartikan selaku bahasa server scripting, dan betul-betul cocok digunakan bagi membangun halaman web yang dinamis dan interaktif dengan cepat karena kemudahan yang diberikan serta betul-betul gampang bagi dimengerti bagus bagi pemula maupun profesional.

Selain PHP ada pun bahasa server scripting yang pun sering digunakan yaitu Microsoft ASP. Namun ASP ini tak sepopuler PHP yang dimana hampir seluruh Blog didunia ini menggunakan PHP selaku Bahasa Servernya. Contoh yang sangat sering kita lihat yakni Facebook, pasti kamu seluruh tau apa itu facebook bukan ? nah, facebook ini ternyata dibangun menggunakan PHP.

Sebelum Sahabat Belajar PHP, Perlu kamu ketahui apa saja yang perlu kamu pelajari atau minimal paham sedikit mengenai programnya, antara lain :

  • HTML
    Kenapa HTML mesti kamu pelajari ? karena pada menyusun sebuah situs, kamu mesti menggunakan HTML. Selaku contoh : Membangun tabel, form, textbox dll.
  • CSS
    Kenapa CSS mesti kamu pelajari pun ? karena pada menyusun situs ini pun betul-betul urgen disebabkan CSS yakni Program yang digunakan bagi mengatur tampilan atau design tampilan seperti background web kamu, jenis font yang kamu gunakan, dll.
  • JavaScript
    Kenapa JavaScript dipelajari pun ? karena javascript ini betul-betul urgen pada penyusunan situs selaku contoh: Menampilkan pesan kalau data telah tersimpan, menampilkan pesan kalau ada kesalahan pada penginputan data di form HTML, dan intinya JavaScript itu betul-betul erat hubungannya dengan event-event yang terjadi pada sebuah halaman situs seperti event Click, even Onload, Event Focus dll.
  • Jikalau seluruh persyaratan diatas telah kamu penuhi karenanya kamu telah dapat belajar PHP. Mungkin kamu bertanya-tanya, Apasih contoh nyata dari PHP itu pada sebuah situs ? Nah bagi menjawab itu, saya akan memberikan contoh nyata yang sering kamu gunakan atau bahkan berkali-kali kamu gunakan.

    Contoh Nyata pemakaian PHP yakni selaku berikut :
    Mungkin kamu seluruh pasti mempunyai akun facebook dan pasti pernah menjalankan yang namanya update status, benar bukan ?
    Nah, ketika kamu telah selesai mengetikkan status yang kamu bikin, karenanya kamu otomatis akan mengklik tombol “Kirim” bukan ?
    Hakekatnya ketika kamu klik tombol kirim di facebook tadi, secara otomatis program PHP akan menjanlankan perannya selaku bahasa server dimana status yang kamu ketikkan tadi akan disimpan kedalam database dengan menggunakan program PHP dan kembali ditampilkan dengan menggunakan PHP pun.

    Dari penjelasan saya diatas, karenanya kamu mungkin dapat menyimpulkan bahwa PHP itu berperan selaku penghubung situs kamu dengan database yang kamu gunakan dimana PHP itu dapat Menyimpan, Mengedit, Menghapus dan Menampilkan data yang terdapat didalam database. Hakekatnya kegunaan PHP bukan hanya sebatas hal yang demikan, namun kenapa hanya ini saja yang saya kasitahu kepada kamu, karena ini contoh nyata dan yang betul-betul gampang kamu cerna untuk orang-orang yang masih awam dengan PHP.

    Catatan :
    File PHP dapat berisi teks, HTML, CSS, JavaScript, dan kode PHP itu sendiri
    Kode PHP dieksekusi di server, dan hasilnya dikembalikan ke browser selaku halaman HTML
    File PHP mempunyai ekstensi “php.”

    Apa Sih Yang Dapat Dilakukan PHP ?

    PHP dapat menghasilkan konten halaman situs yang dinamis
    PHP dapat membangun, membuka, membaca, menulis, dan menutup file di server
    PHP dapat mengumpulkan data formulir
    PHP dapat mengirim dan menerima cookies ( biasanya ini digunakan pada proses login )
    PHP dapat menambah, menghapus, memodifikasi data pada database Sahabat (MySQL, Oracle dll)
    PHP dapat membatasi pengguna bagi mengakses beberapa halaman situs kamu
    PHP dapat mengenkripsi data
    Dengan PHP Sahabat tak terbatas bagi output HTML.
    Sahabat dapat output gambar, file PDF, dan bahkan film Flash. Sahabat pun dapat output teks, seperti XHTML dan XML.

    Petunjuk Mendasar PHP yakni Selaku Berikut

    PHP itu mesti diawali oleh tag pembuka PHP selaku berikut <?php dan mesti ditutup dengan tag penutup PHP yaitu ?php>. Dan program utama dari PHP tersebut diketikkan diantara tag pembuka PHP dan tag penutup PHP tadi. Selaku Contoh kamu dapat melihatnya dibawah ini.
    Di Contoh kali ini kita akan menampilkan Tulisan “Halo Sobat ” di browser yang kita gunakan. Oke seketika saja di Programnya :
    <?php
    Echo “Halo Sobat “;
    ?php>

    Alasan Kenapa Sahabat Mesti Memilih PHP ?

    PHP dapat berjalan di berjenis-jenis platform atau program operasi (Windows, Linux, Unix, Mac OS X, dll)
    PHP kompatibel dengan hampir seluruh server yang digunakan dikala ini (Apache, IIS, dll)
    PHP mendukung berjenis-jenis database (MySQL, Oracle, Acces, dll )
    PHP itu bersifat open source atau cuma-cuma tanpa biaya dan kamu dapat mengunduh di internet secara bebas
    PHP gampang dipelajari oleh pemula dan berjalan efisien di sisi server

    Bagaimana Cara Menginstalnya ?

    Sekarang ini ini kamu tak perlu mendowload PHP secara terpisah dengan database seperti MySQL, karena telah banyak sekarang ini ini Distro yang menyediakan paket PHP yang seketika dilengkapi oleh database MySQL, selaku contoh yakni Xampp. Xampp ini pun yang saya gunakan dan tutorial-tutorial yang saya share diblog ini pun kebanyakan menggunakan Xampp.

    Nah, bagi lebih jelasnya, kamu dapat mengetahui sekaligus mendowload Xampp secara cuma-cuma di postingan saya berikutnya degan cara mengklik link dibawah ini :

    Apa itu Xampp dan Bagaimana cara menggunakannya ?

    Oke rekan rekan sekalian, demikian dulu bagi dikala ini, kebetulan saya pun lagi ada kerjaan lainnya, jadi saya harap, penjelasan singkat ini dapat menolong sobat sekalian dan jangan lupa like, share dan komentarnya ya sobat. Terimakasih

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *