cpanel-mail

Cara setting MX record di cPanel

Posted on

Kalau sahabat mau menjalankan aplikasi domain sendiri guna email (namasaya@domainku.co.id) karenanya di setiap paket shared hosting yang menjalankan aplikasi cPanel akan ada fitur email hostingnya, dan ini ikut memakai kuota disk space website hosting sahabat. Jadi layanan email hosting cuma-cuma layaknya Zoho Mail atau dulu Google Apps dapat menjadi option menarik sebab kita menghemat kuota kapasitas penyimpanan website dan pastinya sambil memanfaatkan kemampuan penuh webmailnya yang jelas lebih bagus daripada yang terdapat pada cPanel.

Kalau sahabat telah pernah mencoba mendaftarkan diri pada layanan email hosting apapun yang dapat memakai domain sendiri (kustom domain) karenanya pasti akan diminta menambahkan beberapa record DNS di domain sahabat pada jenis MX (Mail Exchange). Ini berfungsi agar domain sahabat bisa mengikuti komunikasi lewat email menjalankan aplikasi nama domain sendiri. NahÂ… yang agak merepotkan pada cPanel guna menambahkan ini lokasinya tak berada pada bagian DNS Zone Editor.

Ya, yang harus sahabat kerjakan setelah login pada akun cPanel sahabat yakni membuka MX Entry pada panel Mail.
cpanel-mail
Didalamnya silahkan mengubah opsi pada Email Routing dari Local Mail Exchanger menjadi Remote Mail Exchanger.
cpanel-mx-entry-email-routing-640x263
lalu silahkan tambahkan MX Record guna layanan email hosting yang mau sahabat jalankan dan tekan Add New Record. Didalam gambar yakni menurut informasi dari Zoho Mail.
cpanel-mx-entry-add-new-record-mx-records-640x223

Sesudah sahabat sukses melengkapi semuanya data mengenai pertukaran surat elektronik dari layanan email tersebut karenanya admin amat menyarankan guna diujicoba pada mengirimkan pesan pada diantara domisili email yang sudah sahabat bikin menurut domain milik sahabat.

Kami harap memudahkan. ??

sumber : utekno.com