microsoft-download-center-directx-9-0-c-end-user-runtime-

Cara mengatasi “The application was unable to start correctly (0xc000007b).” di Windows

Posted on

Ketika kamu menjalankan program atau game tertentu pada Windows muncul pesan error bahwa ada masalah terjadi dan tak dapat dijalankan. lalu cuma muncul kode Error (0xc000007b) saja pada pesan kesalahannya. Mau tahu penyebab dan petunjuk masalah ini?

Pesan error ini lengkapnya yaitu:

“The Application was unable to start correctly (0xc000007b). Click OK to close the application”

Wah… mau menjalankan program tersebut kok malah disuruh menutupnya.

Penyebab error pada kode 0xc000007b ini berasal dari program tersebut salah menjalankan dependensi dll (Direct Linked Library) guna 32bit dan 64bit yang salah, penyebab lainnya yaitu di konfigurasi Microsoft Visual C++ Redistributable Package terdapat kesalahan atau rusak. Guna memperbaiki error (0xc000007b) ini tidaklah sulit, tapi sebab tak ada panduan lebih lanjut dari pesannya membangun banyak orang bingung akan memulai dari mana.

Menimpa ulang Microsoft Visual C++ 2010 Redistributable Package

Tutorial mengatasi masalah ini yaitu pada mengganti file – file dll berikut : mfc100.dll, mfc100u.dll, msvcr100.dll, msvcp100.dll dan msvcr100_clr0400.dll. Semuanya berasal dari Microsoft Visual C++ 2010 Redistributable Package

Silahkan unduh Visual C++ Redistributable yang sesuai pada jenis program operasi Windows kamu dan jalankan guna mengganti file – file dll tersebut.

Pertama-tama kamu dapat mencoba menginstall ulang Microsoft Visual C++ 2010 Runtime Library yang sesuai pada arsitektur Windowsnya, unduh dan install kembali. Sesudah dia restart.

Kalau masih belum sukses karenanya dapat dicoba menimpa file dll yang bermasalah melalui manual, ikuti instruksi berikutnya.

Lebih amannya bila kamu menggantinya pada keadaan Safe Mode di Windows:

  1. Restart komputer kamu.
  2. Klik tombol F8 berulang kali sesaat sebelum loading Windows terlihat hingga muncul fitur pada wujud teks.
  3. Pilih Safe Mode. Tips: Guna Windows 8, kamu dapat menahan tombol Shift dikala memilih Power Off dan tekan di option Restart guna mengakses Safe Mode Windows.windows-safe-mode-selection
  4. Akses C:WindowsSystem32
  5. Search lokasi 5 file dll yang sudah and unduh dan extract.
  6. Copy seluruh file tersebut pada C:WindowsSystem32 pada menimpa seluruh file dll Microsoft Visual C++ Redistributable Package yang terdapat.
  7. Restart komputer kamu kembali.

Selanjutnya coba jalankan program yang sebelumnya bermasalah, seharusnya program tersebut dapat berusaha pada normal dan masalah yang kamu hadapi ini telah teratasi.

Alternatifnya kamu dapat mendownload dan install semua Microsoft Visual C++ Runtime Library guna memastikan tak ada yang tidak cukup. Jarang terjadi tapi dapat dicoba dulu.

Lengkapi Microsoft .NET Framework

Penyebab lainnya yang dapat mengakibatkan masalah ini yaitu masalah di .NET Framework yang terinstall pada Windows. Antara memang korup atau butuh yang terbaru guna memperbaikinya.

Silahkan unduh dari link berikut:

Versi sebelumnya (.NET Framework 3.5 dan 2.0 atau lebih lama lagi) telah diikutkan melalui default sejak Windows 7. Jadi di Windows 8/8.1 dan 10 seharusnya ada. Namun kalau kamu butuh semuanya dapat download semuanya.

Install ulang DirectX

Walaupun sering digunakan guna game pada Windows tapi ternyata DirectX ini berpengaruh besar pada Windows sebab diaplikasikan pun pada program yang membutuhkan akses pada video dan audionya.

microsoft-download-center-directx-9-0-c-end-user-runtime-

Pastikan kamu telah mengupdate atau install ulang DirectX 9.0c pada versi terbarunya (yang telah jadul dikala ini): https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=34429

Periksa medis harddisk

Kadang yang sering terlewati malah bukan salah Windowsnya melainkan harddisknya ada kerusakan atau filenya korup. Silahkan cek gunakan sistem semacam CrystalDiskInfo, HD Tune atau Checkdisk yang mudah.

crystaldiskinfo-582x480

Misal ada bad sector atau masalah sepele lainnya akan seketika dideteksi, tapi guna memperbaikinya pakailah Checkdisk.

Install ulang Windows

Tutorial alternatif memperbaiki error 0xc000007b ini yaitu pada menginstall ulang program operasi Windows kamu. Beberapa rekan admin sukses mengatasi error ini menjalankan cara ini.

Bukan berarti pasti sukses tapi, petunjuk error 0xc000007b lainnya masih berhubungan pada install ulang Windows, tapi wajib menjalankan installer Windows yang berbeda. Kalau menjalankan setup Windows yang sama pada yang kamu jalankan guna diinstall pada komputer kamu kemungkinan besar kasus yang sama akan terulang lagi. Ini penyebab admin menyarankan menjalankan media instalasi Windows yang berlainan. Jadi coba dapatkan installer Windows pada jenis dan versi yang berbeda. Bila butuh unduh dan jalankan ISO original dari Microsoft guna Windows Vista atau Windows 7.

Lainnya

Artikel ini akan admin update apabila ada petunjuk baru yang dapat sukses memperbaiki error 0xc000007b pada Windows.

sumber : utekno.com