Cara Memproteksi PHPMyAdmin dengan Password

Posted on

 Hy … !!! Lama tak berposting ,,, hehehe, kali ini saya ivan silalahi ingin berbagi sedikit ilmu mengenai bagai mana cara memproteksi phpmyadmin dengan password ?. Oke seketika saja ..
Untuk rekan-rekan yang telah sering menggunakan XAMPP mungkin telah terbiasa menggunakan PHPMyAdmin yang adalah sebuah program bawaan dari XAMPP bagi mengolah database MySQL melalu web based interface. Nah permasalahnnya dalah, PHPMyAdmin ini secara default belum dilengkapi dengan password yang memproteksi database kita dari orang yang tak berkepentingan

Nah, mungkin banyak diantara pembaca yang belum tau bagaimana caranya memproteksi PHPMyAdmin dengan Password. Di panduan ini saya akan menjelaskannya secara detail. Di PHPMyAdmin yang belum di proteksi dengan Password, karenanya dibagian bawah halaman awalnya akan terlihat sebuah peringatan bahwa PHPMyAdmin kita belum di proteksi dengan Password. Perhatikan gambar di bawah ini :

no_pass

Nah bagi memproteksinya, silahkan sahabat masuk ke fitur PRIVILEGES dan EDIT data password bagi user “localhost” , perhatikan gambar dibawah ini :

privileges

Ketika halaman PRIVILAGES bagi user “localhost” telah terbuka, sahabat akan menemukan passwordnya masih kosong. Nah, di kolom Password, masukkanlah password sesuai yang sahabat inginkan. Perhatikan gambar di bawah ini :

set_pass

Setelah sahabat memasukkan password, simpan perubahannya dengan menekan tombol GO. Lalu masuk kembali ke halaman PHPMyAdmin, coba perhatikan tampilannya. Kamu akan menemukan bahwa PHPMyAdmin sahabat akan terlihat ERROR seperti gambar di bawah. Namun tenang, itu ialah normal, karena Password telah kita ubah, namun file konfigurasi PHPMyAdmin belum kita rubah. Perhatikan gambar di bawah ini :

php_error

Nah bagi mengatasi ERROR ini, karenanya kita mesti menjalankan EDITING di file konfigurasi PHPMyAdmin yaitu file config.inc.php yang terletak di folder C:xamppphpMyAdmin. Silahkan Kamu rubah nilai AUTH_TYPE menjadi http dan Password sesuai dengan password yang telah kita rubah sebelumnya. Perhatikan gambar di bawah ini :

edit_pass

Setelah itu, coba sahabat refresh atau buka kembali halaman PHPMyAdmin karenanya sahabat akan di minta bagi memasukkan username dan password bagi PHPMyAdmin sahabat. Perhatikan gambar dibawah ini.

insert_pass

Gimana ?? Gampang kan ?? Selamat mencoba untuk calon Programer Dunia … !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *