Cara Membuat Database dengan Xampp

Posted on

Halo sobat , bagi menyempurnakan pengetahuan kamu mengenai Xampp yang saya jelaskan di postingan saya sebelumnya yang berjudul “Cara Terlengkap Instalasi XAMPP pada OS Windows 7” dan “Apa Sih Xampp Itu ? Apa Fungsinya ? Ini dia Jawabannya” kali ini saya akan membagikan kepada sobat sekalian cara membangun database dengan menggunakan Xampp.

Di kasus ini saya berasumsi bahwa kamu telah menjalankan Service Apace dan Service MySQL di Control Panel Xampp dan kamu telah paham bagaimana cara menjalankannya. Seandainya Belum, kamu dapat cek Postingan saya sebelumnya disini.

Seandainya kamu telah menjalankan yang saya anjurkan diatas kini kita akan belajar bagaimana menghubungkan PHP dengan database MySQL dan pastinya menggunakan server Xampp, sehingga kita dapat menyimpan data-data kedalam database MySQL.tanpa panjang lebar seketika saja kita praktekin ok.

Cara Membangun Database

Bikin sebuah database baru dengan cara buka browser kamu dan di address bar ketikan http://localhost/phpmyadmin karenanya akan terbuka fitur phpmyadmin yang akan kita gunakan bagi membangun sebuah database baru dengan nama pelajar. Bagi membangun databasenya silahkan lihat gambar dibawah ini :

1

Berikutnya klik tombol Create. Karenanya akan tampil fitur create new table lalu isikan datanya seperti gambar dibawah ini : 


 


Maksudnya kita akan membangun tabel dengan nama biodata di database pelajar, dimana di tabel tersebut terdapat 3 buah field yang akan kita isi dengan NIS, Nama dan Kelas, berikutnya tekan tombol go.

Berikutnya isikan properties di masing-masing field tersebut seperti gambar dibawah ini :



Di tabel biodata tersebut kita menjadikan field NIS selaku primary key, dimana primary key ini adalah sebuah kunci utama yang bersifat unik dan tak boleh sama nilainya.

Setelah proses perancangan selesai, berikutnya kita bikin file-file PHPnya. 

Langkah pertama-tama bikin sebuah folder baru didalam folder htdocs, lalu beri nama biodata. Di dasarnya folder htdocs berada di drive C:XamppHtdocs… 

Dan bagi melihat Database yang bikin barusan, kamu dapat lihat didalam folder data dan cari folder yang namanya pelajar sesuai nama database yang kamu bikin barusan. Di dasarnya folder data berada di drive C:XamppMySQLdata….

Berikutnya bikin sebuah file PHP baru yang akan digunakan selaku koneksi antaraPHP dengan MySQL, berinama file PHP tersebut dengan nama koneksi.php lalu isikan datanya seperti script php dibawah ini :


<?php
$hostname = “localhost”;
$username = “root”;
$password = “”;
$database = “pelajar”;

mysql_connect($hostname,$username,$password) or die (“Data base Tak Terhubung, Cek Koneksi!”);

mysql_select_db($database);
?>

Penjelasan Kode diatas :

Di file koneksi.php ini pertama-tama kita membangun sebuah variabel dengan nama $hostname yang mempunyai nilai localhost, variabel $username dengan nilai root dan pun sebuah variabel $password dengan nilai kosong, namun kalau kamu memberikan password di mysql kamu, isikan nilainya sesuai dengan password kamu. Berikutnya sebuah variabel $database dengan nilai pelajar, dimana variabel inilah yang digunakan bagi memilih database yang akan digunakan.

Mysql_connect adalah sebuah command yang digunakan bagi menjalankan koneksi ke mysql sesuai dengan nama hostname, username dan password.

Mysql_select_db adalah sebuah command yang digunakan bagi menjalankan pemilihan database yang akan digunakan.

Or die adalah sebuah command yang digunakan bagi menampilkan pesan kalau koneksi gagal atau database tak ada.

Hingga disini kita telah berhasil membangun koneksi PHP dengan MySQL dan bagi pembelajaran berikutnya kita akan membahas bagaimana cara menyimpan data kedalam database, cara menampilkan data dari database ke browser, mengedit data menghapus data dan masih banyak lagi lainnya. 


Jangan lupa komentar dan likenya ya sobat, komentar kamu betul-betul berarti untuk saya selaku bahan koreksi untuk saya terutama blog kesayangan kita ini. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *