mozilla-firefox-pocket

Cara mematikan Pocket dan Reader View di Mozilla Firefox

Posted on

Sejak versi 38 Mozilla Firefox menyertakan 2 buah fitur baru yang memudahkan pengguna guna melihat konten tanpa gangguan faktor lain (Reader View) dan menyimpan artikel guna dibaca pada lain waktu, semacam bookmark tapi lebih canggih lagi (Pocket). Menurut kami pribadi sih memang lumayan bermanfaat kedua fitur tersebut, dan entah dapat dianggap kelebihan atau kekurangan telah terintegrasi pada Firefox jadi bukan addon.

Reader View fungsinya membersihkan tampilan situs tanpa hal – hal aneh yang disisipkan oleh pemilik situsnya, jadi fokus seketika pada tulisan. Pun pada Pocket kita dapat mencatat url urgen dan menyimpan kontennya guna dibaca lewat layanannya atau disimpan, sehingga walau halamannya dihapus atau hilang masih ada datanya – kalau tak ya manfaatkan Google Web Cache.

mozilla-firefox-pocket

Nah… ada yang menganggap fitur – fitur ini malah mengganggu tata tampilan program dan mengurangi performa Firefox sebab digunakan atau tak akan tetap dimuat oleh mesin browsernya. Alasan privasi guna Pocket pun sering diucapkan sebab ini bukan layanan dari Firefox adalah pihak ketiga. Lumayan masuk akal pun sih. Namun kalau ini kekhawatiran kamu karenanya dapat mengikuti tahap – tahap berikut guna menonaktifkannya.

Pertama-tama guna Pocket, iconnya pada toolbar dapat dihilangkan/disembunyikan pada tekan kanan dan pilih Customize. Tekan di icon Pocket, tahan dan tarik pada jendela Additional Tools and Features.

mozilla-firefox-customize-toolbar

Ini efeknya melalui visual saja sebab mesin Pocket masih aktif, dan guna mematikannya silahkan akses domisili about:config, search browser.pocket.enabled dan ubah nilainya dari true menjadi false.

firefox-browser-pocket-enabled

Mumpung masih mengakses jendela about:config karenanya dapat pun sekalian mematikan Reader View (iconnya pada address bar pun akan otomatis lenyap), kamu lumayan search reader.parse-on-load.enabled dan ubah nilainya dari true menjadi false.

Rampung dan restart browsernya, karenanya kamu sukses menonaktifkan fitur Pocket dan Reader mode pada Mozilla Firefox. Kalau mau mengaktifkannya lagi tinggal kamu ganti lagi nilainya menjadi true dan tambahkan lagi icon Pocket pada toolbar.

Kami harap bermanfaat. ??

sumber : utekno.com