sms-penipuan-tri-hadiah-undian-mobil-640x384-1

Cara melaporkan SMS Penipuan

Posted on

Pesan SMS berisi kabar bahwa kita sudah memenangkan hadiah undian yang fantastis (walau tak pernah merasa berpartisipasi), teman atau saudara yang sedang pada kondisi darurat dan butuh uang pada waktu cepat, informasi berisi nama dan nomor rekening bank guna ditransfer dananya, dan apabila sahabat pernah menjual barang online karenanya akan ada usaha menipu pada menyatakan telah cocok harganya dan dilanjutkan via media lain (pengalaman pribadi memasangkan iklan jual mobil milik teman). Kami yakin sahabat pernah mengalaminya pun.

SMS – SMS ini memang tujuannya yaitu menipu kita, dan kalau tak awas karenanya besar kemungkinan dapat menjadi korbannya tanpa disadari pada iming – iming rejeki. Apalagi disaat kita membutuhkan uang.

sms-penipuan-tri-hadiah-undian-mobil-640x384

Petunjuk melaporkan pesan SMS penipuan guna semuanya operator

Bagaimana tutorial melaporkan SMS penipuan ini? Sementara ini baru ada 3 operator telekomunikasi seluler Indonesia yang memberikan jalur resmi guna penanganan SMS penipuan:

  • Telkomsel (Simpati dan Kartu As)
    Format SMSnya: Penipuan#nomor_pengirim#isi_pesan_penipuan, dan kirim pada 1166. Contohnya: Penipuan#082236433216#Slmt No Kamu m-dpt Hadiah dr PT.M-KIOS EDISI THN 2015. Berkat isi ulang Cek Rp.27jt Pin:94ad653 Ketik keyword:NAMA#No.Rek#Nama Bank#kirin pada: 082140593345.
  • Indosat (IM3, Mentari dan Matrix)
    Format SMSnya: SMS nomor_pengirim isi_sms_penipuan, dan kirim pada 726. Misalnya: SMS 082236433216 Slmt No Kamu m-dpt Hadiah dr PT.M-KIOS EDISI THN 2015. Berkat isi ulang Cek Rp.27jt Pin:94ad653 Ketik keyword:NAMA#No.Rek#Nama Bank#kirin pada: 082140593345.
  • XL Axiata
    Kamu dapat seketika memforward (dikirim ulang) SMS tersebut pada nomor 588.
  • 3 (Tri)
    Menghubungi customer care pada nomor 123 atau email pada 3care@three.co.id.
  • Smartfren
    Menghubungi customer care pada nomor 888 atau mengisi formulir Layanan Konsumen.

Guna operator lainnya tampaknya belum ada program pelaporan yang serupa, jadi kita hanya mengadukannya via email atau formulir hubungi kami pada situs resminya.

sms-penipuan-telkomsel-transfer-bank-bri-640x384

Penasaran darimana penipu – penipu ini mengunduh nomor hp kita? Mereka tak ngawur kok mengirimnya, ada resiko nomor tak aktif kalau hanya asal mengirimkan. Mereka ternyata membeli nomor telepon aktif dari para penjual pulsa. Biasanya ketika kita membeli pulsa elektrik akan didokumentasikan kan nomornya?

Ciri – ciri SMS Penipuan

Ciri – ciri penipuan semacam ini yang sangat kelihatan sebetulnya yaitu mereka mengatasnamakan perusahaan, layaknya Bank atau operator telekomunikasi Indonesia. Namun perhatikan nomor pengirim asalnya, sebab pesan yang asli akan menjalankan aplikasi nomor cantik yang cuma 3-4 digit atau seketika menjalankan aplikasi nama, jadi bukan menjalankan aplikasi nomor lazim.

Faktor lain yang urgen yaitu kadang ada yang mencantumkan domisili situs guna informasi lebih lanjut, dan mereka ternyata menjalankan aplikasi bermacam macam pembuat situs free. Ini dapat blogspot.com, jimdo.com, weebly.com, wordpress.com, webs.com, dan lain sebagainya. Kalau sahabat ragu harap dicari dulu pada Google situs resmi perusahaannya, jangan seketika diakses.

Tips layaknya ini jelas merugikan kita selaku customer, selain membuang waktu pun ada resiko orang lain pun terkena modus penipuan yang sama. Sebab begitulah kita selaku penerima SMS tipu – menipu ini sebaiknya melalui proaktif melaporkan pada pihak terkait supaya segera dilacak dan minimal nomor handphone tersebut diblokir sehingga mencegah jatuhnya korban lebih banyak lagi.

Kami harap bermanfaat. ??

sumber : utekno.com