lenovo-ideapad-s215-gpu-z.gif

Cara download driver OpenGL terbaru

Posted on

OpenGL (Open Graphics Library) ialah pustaka open source guna pemrograman grafis 2D dan 3D multiplatform, jadi kamu dapat menggunakannya pada Windows, Linux, Android, Macintos dan aplikasi operasi lain – bahkan browser kamu pun mendukungnya walaupun hanya sebahagian kecil fiturnya ada (WebGL/OpenGL ES). Sebetulnya OpenGL ini sudahlah didukung pada driver bawaan Windows, tapi kadang ada beberapa game atau sistem aplikasi multimedia yang mengalami error OpenGL sebab versinya telah terlalu lama atau tak kompatibel. Tips ini mengharuskan kita mengikuti update drivernya pada versi terbaru.

Kalau kamu tak menginstall driver karenanya melalui default akan memakai OpenGL 1.1, jadi memang amat disarankan guna mengupdatenya. Misal kamu tak tahu apa merek atau model GPU kamu karenanya silahkan jalankan program GPU-Z guna melihat spesifikasi lengkapnya.

lenovo-ideapad-s215-gpu-z

Dan dari pengalaman admin banyak yang kebingungan dimana unduh driver terbaru OpenGL. Nah… disinilah letak kesalahpahaman orang – orang, sesungguhnya driver OpenGL ini telah ada pada driver VGA guna kartu grafis yang terpasang. Jadi solusinya sangatlah gampang, silahkan unduh dan install driver GPU kamu. Ada beberapa merek terkenal dimana kamu dapat mengundung seketika drivernya:

Silahkan search driver terbaru yang tepat guna merek dan model graphic card kamu.

Peringatan khusus kalau kamu sedang search driver OpenGL guna laptop, karenanya jangan jalankan link diatas melainkan dapatkanlah dari situs resmi pabrikan notebook kamu. Jadi misal laptop kamu bermerek ASUS karenanya silahkan pada situs ASUS, Acer pada Acer, Dell pada Dell, dan seterusnya. Ini disebabkan spesifikasi hardware VGA yang terpasang walau seri atau modelnya sama tapi sebetulnya ada sedikit modifikasi yang dilakukan pembuat notebook tersebut, jadi setara tapi berbeda.

sumber : utekno.com